Perhatikan 5 Langkah ini Sebelum Menginstal Ulang Windows

perhatikan 5 langkah ini sebelum menginstal ulang windows - Kita semua punya suatu momen dimana kita ingin menginstal ulang Sistem Operasi (Windows) karena beberapa alasan tertentu, seperti kinerja laptop yang mulai melambat, komputer/laptop kalian terserang virus dan lain sebagainya. Menginstal ulang Windows memang perlu tetapi alangkah baiknya jangan terlalu sering melakukannya karena terlalu berlebihan juga tidak baik bagi perangkat komputer anda. Jika sekarang ini kamu ingin melakukan instal ulang windows, maka saya punya beberapa langkah untuk kamu sebelum kamu melakukannya, dimana hal ini berguna agar menjaga data-data pada komputer anda agar tetap aman dan tidak terhapus setelah selesai menginstal ulang Windows. Tidak usah banyak bicara lagi, langsung saja inilah 5 langkah yang harus anda perhatikan sebelum menginstal ulang windows.


1. Membackup semua Data dari Local Disk C

Sebelum melakukan Instal Ulang Windows, alangkah baiknya anda membackup semua data-data pribadi anda yang ada di Local Disk C. Mengapa ? Karena setelah instal ulang windows, maka semua yang ada di direktori C akan terhapus secara permanent jadi aplikasi dan game yang ada sebelumnya akan ikut hilang juga. Jadi jika di Direktori C pada komputer anda ada file-file yang penting, sebaiknya anda memindahkan nya terlebih dahulu ke Drive D atau yang lain biar tidak terhapus saat setelah instal. Direktori C bukan hanya yang ada didalam Drive C, tetapi juga meliputi folder My Document, Downloads, Pictures, Videos dan lain sebagainya.

2. Menyiapkan Driver VGA dan LAN

Sebelum anda menginstal ulang windows, pastikan kamu sudah mendownload driver sesuai dengan tipe dan merek Laptop/PC kamu. Tidak semua driver harus kamu download, tetapi kamu hanya perlu mendownload Driver VGA dan LAN saja karena setelah instal windows nanti tampilan Monitor kamu akan jadi sedikit jelek dan kamu juga belum bisa menggunakan Internet saat itu. Jadi jika kamu sudah menyiapkan driver VGA dan LAN di laptop kamu, maka setelah instal windows kamu langsung bisa menginstal driver tersebut. Coba bayangkan kalau kamu belum punya driver-nya, nanti gimana kamu mau download sedangkan Laptop/PC kamu sendiri belum bisa digunakan untuk Internet, tentu kamu harus ke warnet dulu atau pakai laptop teman untuk mendownloadnya, kan RIBET !

3. Meng-Uninstall Semua Aplikasi

Jadi sebelum kamu instal ulang windows, kamu harus menghapus/meng-uninstall semua aplikasi yang ada. Hal ini berguna agar kapasitas memori yang ada di Drive C semakin berkurang sehingga nanti ada cukup ruang untuk menyimpan file windows nya.

4. Pastikan Baterai Terisi Penuh (Bagi Pengguna Laptop)

Sebelum instal pastikan baterai laptop kamu sudah terisi penuh karena proses instal windows akan memakan waktu yang cukup lama sekitar satu sampai dua jam. Jika baterai laptop kamu hanya sedikit, nanti malah laptopnya shutdown saat di pertengahan proses instalasi. Jadi pastikan kapasitas baterai laptop dalam kondisi 100%.

5. Berdoa dulu Sebelum Memulai

Yup ! Langkah terakhir adalah Berdoa dulu sebelum melakukan instal ulang windows agar proses instalasi nya berjalan lancar dan baik sesuai dengan rencana.


Oke Guys ! Itulah 5 langkah yang harus anda perhatikan sebelum menginstal ulang windows. Pastikan kamu sudah mengikuti langkah diatas dengan baik dan benar. Jika sudah semua maka silahkan melakukan Proses Instal Ulang Windows dan semoga berjalan dengan lancar. Jika kalian punya masalah atau pendapat yang lain, jangan ragu untuk memberikan komentar anda dibawah. Saya Angelo Brand, sampai jumpa lagi di postingan berikutnya.


Ingin mendapatkan artikel dari Ainnonny tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Ainnonny akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Perhatikan 5 Langkah ini Sebelum Menginstal Ulang Windows"

Post a Comment