Apakah Perbedaan dari i++ dengan ++i

Sebagai pemula, kita mungkin sedikit bingung dengan perbedaan dari i++ (post increment) dengan ++i (pre increment). Simbol ++ artinya tambah satu (+1) atauincrementi++ dan ++i sering kita temukan ketika membuat sebuah perulangan.

Contoh:
Post-Increment 
for(int i = 1; i <= 10; i++){
    System.out.print(i);
}
Pre-Increment 
for(int i = 1; i <= 10; ++i){
    System.out.print(i);
}

Kedua perulangan tersebut akan menghasilkan bilangan dari 1 sampai 10.
12345678910

i++ itu sama seperti i = i + 1, jadi nilai variabel i yang sebelumnya akan ditambah satu. Sedangkan ++i sama seperti i = 1 + i, satu ditambah dengan nilai variabel i yang sebelumnya. Apakah ada perbedaan? tentu saja ada, posisi idengan angka 1 berbeda. Namun, meskipun begitu, hasilnya akan tetap sama. Lalu, di mana kah letak perbedaan yang sesungguhnya?

Perbedaan i++ dan ++i dapat kita lihat pada sebuah ekspresi atau statement. Misalkan, selain variabel i, kita punya variabel a. Kemudian variabel a kita isi dengan i++ atau ++i.

Post-Increment
int a;
int i = 1;
        
a = i++;
       
System.out.println("a = " + a);
System.out.println("i = " + i);
Hasil output:
a = 1
i = 2

Pre-Increment
int a;
int i = 1;
        
a = ++i;
       
System.out.println("a = " + a);
System.out.println("i = " + i);
Hasil output:
a = 2
i = 2
Perhatikanlah! apakah ada perbedaan sekarang? Pada post-increment, nilai aakan mengambil nilai i, tanpa ditambah satu. Sedangkan pada pre-increment, nilai a akan mengambil nilai i yang ditambah satu terlebih dahulu. Itulah perbedaan yang cukup terlihat dari post-increment (i++) dengan pre-increment(++i).

Ingin mendapatkan artikel dari Ainnonny tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Ainnonny akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Apakah Perbedaan dari i++ dengan ++i"

Post a Comment