Mau Upgrade RAM ? Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Kamu Melakukannya

perhatikan5 hal ini sebelum melakukan upgrade ram - Random Access Memory atau yang akrab disebut RAM merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah komputer. RAM berperan sebagai penyimpan data sementara pada komputer sebelum data tersebut disimpan secara matang di media penyimpanan. Pada dasarnya, kapasitas RAM pada sebuah komputer tentu sangat mempengaruhi kinerja dari perangkat komputer tersebut. Semakin besar kapasitas RAM pada suatu komputer, tentu semakin cepat dan ringan juga kinerja perangkat dalam mengolah data, begitupun juga sebaliknya jika semakin kecil kapasitas RAM nya maka kinerja komputer tersebut juga akan semakin lambat dan sedikit berat.

RAM memiliki kapasitas dan ukuran yang bervariasi. Pada awalnya, kapasitas RAM yang dimiliki hanya kisaran MegaByte (MB) saja. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini kapasitas RAM tersebut sudah mencapai GigaBytes (GB). Untuk saat ini, kapasitas RAM yang tersedia di pasaran cukup beragam, yakni mulai dari kapasitas 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, dan 8GB.

Jika anda salah satu orang yang ingin melakukan Upgrade RAM, maka saya punya beberapa syarat untuk anda sebelum anda melakukan hal itu. Sebelum melakukan upgrade RAM, lebih baik Anda perhatikan beberapa hal dibawah ini untuk bahan pertimbangan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat merugikan kamu ataupun perangkat komputer kamu.


1. Apa Tujuan Kamu meng-Upgrade ?

Sebelum Anda melakukan upgrade RAM, tentu saja hal pertama kali anda harus anda tahu yaitu apa tujuan anda meng-upgrade RAM. Jika kamu meng-upgrade RAM untuk keperluan Gaming atau Editing, maka hal ini memang perlu dan kamu butuh minimal 8GB RAM agar proses Gaming atau Editing kamu berjalan lancar. Namun jika tujuan kamu meng-upgrade adalah hanya untuk keperluan mengetik atau browsing seperti halnya yang dilakukan oleh para pelajar dan orang kantoran, maka tidak perlu terlalu besar kapasitas yang ditambahkan atau jika anda sudah mempunyai kapasitas RAM 2GB maka dengan kapasitas standar ini saya rasa sudah sangat lancar dan ringan untuk melakukan aktivitas kamu itu.

2. Spesifikasi Processor

Seperti yang kita ketahui, bahwa processor merupakan otak yang memproses seluruh kegiatan pada suatu komputer. Jika kita ingin melakukan ugrade RAM, sebaiknya anda perlu untuk mengetahui sejauh mana processor dapat menampung kapasitas dari RAM. Mengapa ? Anda tidak bisa seenaknya menambah kapasitas RAM, karena jika Processor anda hanya mampu menampung maksimal 8GB RAM dan anda ingin melakukan upgrade RAM 16GB, maka hal ini akan sia-sia saja karena Processor-mu akan tetap membaca 8GB saja dan 8GB sisanya jelas tidak digunakan sama sekali. Tentu hal ini akan sangat memboros uang saku anda. Jadi sebelum melakukan Upgrade RAM sebaiknya anda memperhatikan hal ini terlebih dahulu.

3. Jenis RAM

Pada dasarnya RAM terdiri dari beberapa jenis tergantung pada lokasi memori yang digunakan, jadi pastikan anda tahu dengan baik apa jenis RAM yang digunakan pada perangkat komputer kamu sebelum kamu membeli RAM baru. Karena jika kamu salah dalam membeli jenis RAM, maka tentu saja RAM tersebut tidak dapat dipasang pada motherboard karena memiliki jenis dan slot yang berbeda. Jenis RAM yang masih beredar hingga adalah DDR1, DDR2, DDR3, DDR3L dan DDR4.

4. Kecepatan RAM

Tujuan utama anda melakukan Upgrade RAM adalah tentu saja untuk meningkatkan kinerja dari komputer tersebut. Dalam hal ini kamu perlu menyamakan kecepatan RAM yang ingin dibeli dengan kecepatan RAM yang kamu punya sekarang ini. Misalnya kamu menggunakan RAM dengan kecepatan 1600 Mhz maka tentu saja kamu harus membeli RAM dengan kecepatan yang sama dengan yang sudah kamu punya sebelumnya, karena jika tidak sama maka kinerja RAM akan menjadi tidak seimbang dan akan bberpengaruh buruk pada komputer kamu.

5. Slot RAM

Jumlah Slot RAM pada Motherboard juga perlu anda perhatikan. Apakah Motherboard kamu mendukung Dual Channel ataukah hanya Single Channel. Tentu hal ini sangat penting karena jika motherboard komputer kamu mendukung dual channel, maka RAM lama pada komputer kamu tidak harus dibuang karena masih ada slot baru yang bisa kamu tambahkan dengan RAM yang baru lagi.


Itulah 5 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan upgrade ram atau setidaknya itu yang saya tahu. Kelima hal diatas itu memang sangat penting dan sangat membantu anda sebelum melakukan upgrade RAM karena jika salah langkah saja pasti anda akan kerugian dan juga bisa berdampak buruk pada kinerja komputer kamu. Jika kamu punya pendapat yang berbeda, silahkan komentar saja dibawah. Saya Angelo Brand, sampai ketemu lagi di artikel menarik selanjutnya.


Ingin mendapatkan artikel dari Ainnonny tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Ainnonny akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Mau Upgrade RAM ? Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Kamu Melakukannya"

Post a Comment