Inilah Versi Windows Yang Rentan Terkena Ransomware Wannacry

Rnsomware Wannacry - ainnonny, Beberapa saat lalu, dunia dihebohkan dengan serangan malware yang dikenal dengan ransomware WannaCry. Banyak jaringan komputer yang tersebar di lebih dari 150 negara di dunia mengalami serangan. Kini, setelah serangan ransomware WannaCry mulai mereda, kita dapat mulai menggali informasi tentang bagaimana awal mula serangan tersebut, cara penyebaran, dan juga antisipasi ke depan jika ada serangan serupa yang terjadi lagi.


Kali ini, sebagaimana kami kutip dari laman situs Neowin (20/05/17), terungkap bahwa serangan malware ini awal mulanya menyerang dengan tiba-tiba pada Windows versi lama buatan Microsoft, yang kemudian berhasil menyebar luas ke jaringan komputer di seluruh penjuru dunia. Hal ini sejalan dengan laporan terbaru dari perusahaan anti-virus yang populer, yaitu Kaspersky Lab, yang menyampaikan jika mayoritas sistem yang terinfeksi malware ini menjalankan Windows 7, sebuah versi Windows yang masih mendapat support dari Microsoft, dan sebetulnya beberapa bulan sebelumnya sudah mendapat pembaharuan patch keamanan, tepatnya pada bulan Maret 2017. Sedangkan Windows XP, yang sudah tidak mendapat dukungan pembaharuan dari Microsoft sejak tahun 2014, dan hanya mendapat pembaharuan patch dari Microsoft setelah datangnya serangan malware tersebut, ternyata memiliki jumlah perangkat yang terinfeksi sangat kecil.

Windows 7 tercatat mengalami jumlah perangkat terinfeksi hingga 98%, sedang Windows XP dan Server 2008 R2 memiliki rata-rata infeksi sekitar 0.1% hingga 1.5%. Hal ini menjadi sinyal kuat bagi para pengguna Windows 7, agar melakukan pembaharuan secara rutin ketika memang ada pembaharuan dari Microsoft. Dengan begitu, maka resiko serangan malware serupa yang mungkin terjadi di masa depan akan dapat diminimalkan.

Ingin mendapatkan artikel dari Ainnonny tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Ainnonny akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Inilah Versi Windows Yang Rentan Terkena Ransomware Wannacry"

Post a Comment