Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional

Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional – Ada beberapa tokoh yang mengemukakan teori tentang terjadinya perdagangan internasional. Tokoh tersebuh adalah Adam Smith dan David Ricardo.

Adam Smith mengemukakan teory yang disebut Theory Of Absolute Advantage (Teori Keunggulan Mutlak). Menurut teori ini suatu negara disebut memiliki keunggulan mutlak dibandingkan negara lain apabila negara tersebut dapat memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi negara lain. Misalnya Indonesia memproduksi gas alam cair. Jepang tidak mempunyai sumber gas alam, tetapi mampu memproduksi mobil. Dengan demikian, terjadilah perdagangan barang antara Indonesia dan Jepang.


Sedangkan David Ricardo mengajukan teori tentang perdangan internasional yang disebut Theory of Comparative Advantage (Teori Keunggulan Komparatif). Menurut David Ricardo keunggulan komparatif suatu negara apabila negara tersebut dapat memproduksi suatu barang atau jasa dengan efisien dan lebih murah dibandingkan negara lain.

Sebagai contoh, Indonesia dan Korea Selatan negara produsen komputer. Korea Selatan mampu memproduksi komputer dengan harga yang lebih murah dari pada Indonesia. Korea selatan memiliki keunggulan komparatif dibandingkan Indonesia dalam memproduksi komputer. Indonesia akan lebih untung apabila mengimpor Komputer dari Korea Selatan.

Faktor Penyebab Perdagangan Internasional terjadi karna adanya hal-hal berikut ini :

1. Perbedaan Hasil Produksi

Tiap-tiap negara mempunyai kekayaan alam, modal, teknologi, dan kebudayaan yang berbeda. Oleh karena itu, tiap-tiap negara mempunyai hasil produksi yang berbeda-beda. Ada negara yang dapat memproduksi suatu barang atau jasa yang melimpah, sementara ada negara yang berkekurangan hasil produksi barang atau jasa tersebut tetapi memiliki barang atau jasa lainnya. Contoh Indonesia banyak menghasilkan produksi pertanian, Korea dan Jepang banyak menghasilkan barang-barang elektronik.

2. Perbedaan Harga Barang 

Harga Suatu barang di tiap-tiap negara berbeda. Perbedaan harga inilah yang mendorong adanya perdangan internasional. Misalnya, harga komputer di Korea Selatan dan di Jepang lebih murah daripada harga komputer yang ada di Indonesia mendorong orang Indonesia membeli komputer tersebut di Korea Selatan atau jepang untuk di jual di Indonesia. Mereka melakukan perdagangan karena memperoleh keuntungan sebagai akibat dari adanya perbedaan harga jual dan harga beli.
3. Adanya keinginan untuk meningkatkan Produktivitas

Tiap-tiap negara mempunyai kebutuhan akan barang yang beraneka ragam. Namun secara ekonomi, tiap negara lebih baik memproduksi beberapa macam barang saja kemodian melakukan perdagangan internasional. Dengan spesialisasi ini produktivitas tiap negara menjadi lebih tinggi.

Sumber : http://www.syahrulmedia.net/2016/11/penyebab-perdagangan-internasional.html

Ingin mendapatkan artikel dari Ainnonny tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Ainnonny akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional"

Post a Comment